Rabu, 23 Desember 2015

Tidak Sekedar Studi Lapang



Pada Minggu pagi (20/12) setelah melakukan studi lapang tentang permasalahan yang ada di pasar tanjung, LPME Ecpose mengadakan diskusi. Diskusi yang berkaitan dengan masalah pemetaan sudut pandang dan permasalahan ini dilakukan karena kurangnya pemahaman beberapa anggota magang mengenai materi. Hal tersebut diketahui dari beberapa hasil studi lapang yang tidak maksimal.
Saat diskusi berlangsung ada beberapa pembahasan yang dilakukan. Pertama membahas tentang penjabaran masalah menyangkut 5w 1h yang menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi kelancaran dalam penulisan. Setelah itu juga dibahas mengenai pemecahan permasalahan -permasalahan yang sudah didapat saat studi lapang di pasar tanjung.
Dari adanya diskusi juga dapat diketahui alasan beberapa anggota magang yang tidak berhasil dalam penulisan. Yang pertama kurangnya wawasan mengenai obyek yang akan dibahas sehingga sulit menentukan permasalahan yang akan dipilih. Kemudian kurang adanya narasumber sebagai penguat tulisan. Permasalahan yang diambil terlalu luas dan tidak memiliki fokus sehingga tidak memiliki isi saat disajikan juga menjadi kendala.
Sehingga dari diskusi ini dapat diketahui perlu adanya diskusi penentuan masalah dan sudut pandang dahulu sebelum melakukan studi lapang. Atau setidaknya perlu melakukan studi literatur sebelum terjun ke lapangan agar memiliki wawasan tentang apa yang akan kita bahas.


Elma Ariella Khoriqul Hayumi

Bagikan

Jangan lewatkan

Tidak Sekedar Studi Lapang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.