Rabu, 23 Desember 2015

Perlunya 5W dan 1 H dalam menulis



Minggu, 20 desember 2015 diadakan praktek lapang kelas tulis lpme ecpose. Praktek tulis ini dibagi 2 sesi yakni terjun lapang dan pmbahasan. Sesi terjun lapang dilakukan dengan objek pasar tanjung. Selanjutnya, Pembahasan praktek kelas tulis dimulai pada pukul 09.45 WIB dengan lokasi berpindah ke sekret ecpose.  Pembahasan yang dilakukan di sekretariat lpme ecpose mengedepankan konten dari tulisan, teknis tulisan serta evaluasi kendala lapang. Pembahasan dilakukan agar peserta magang bisa mengerti kesalahan saat praktek lapang dan menemukan solusinya. Peserta magang memperhatikan dengan serius evaluasi dari pembicara.

"Kendalanya ya itu mas, gapaham mau tanya apa ke narasumber" ujar ilham.senada dengan ilham triana juga mengeluhkan persiapan yang nihil sebelum praktek lapang. Reza selaku pembicara mengatakan bahwa studi riset pndahuluan menjadi hal penting sebelum wartawan terjun ke lapang. " penting bagi teman-teman untuk memahami analisa sosial guna membedah permasalahan" sahut reza. 5w + 1H adalah alat analisis yang perlu dimiliki agar penulis mampu memetakan permasalahan yang dihadapi. "Analisis "siapa" diperlukan guna menentukan narasumber, jadi biar tulisan kalian nggak hanya 1 orang aja" tambah reza.


Diskusi ditutup dengan menghasilkan beberapa solusi agar peserta magang lebih paham tentang pemetaan masalah. Diantaranya adalah mengadakan diskusi masalah serta menganalisis pola tulisan dari media umum. "Tempo, kompas dan lainnya bisa jadi referensi untuk kalian guna meningkatkan kemampuan menulis" tutup reza. 


oleh: Reza Aditya

Bagikan

Jangan lewatkan

Perlunya 5W dan 1 H dalam menulis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.