Rabu, 23 Desember 2015

Menulis tidak sekedar menulis


Apa yang diperlukan untuk menulis?
Banyak hal yang perlu dilakukan sebelum seorang penulis menghasilkan sebuah tulisan. Tulisan yang baik dapat dihasilkan dari proses pencarian ide, kemudian menentukan permasalahan, menentukan sudut pandang, menentukan orang - orang yang terlibat hingga dapat menentukan siapa narasumber yang akan diwawamcarai. Hal ini perlu dilakukan untuk menghasilkan tulisan yang sesuai dengan kaedah.
"Sebelum menulis diperlukan riset terlebih dahulu mengenai apa yang akan kita tulis. Jangan sampai kita datang ke TKP atau narasumber tanpa mengetahui apa yang akan kita lakukan. Observasi dan studi pustaka sangat diperlukan agar kita bisa membuat daftar pertanyaan yang akan kita ajukan kepada narasumber dan tidak mudah tergiring opini dari narasumber." Ujar Reza Aditya, Litbang Ecpose.
Dalam diskusi yang dilakukan di sekret Ecpose (20/12) tersebut, Reza Aditya membahas hasil tulisan anak magang Ecpose yang melakukan praktek sudut pandang di Pasar Tanjung. Hasilnya, masih terdapat kesalahan - kesalahan yang dilakukan oleh anak - anak magang. Mulai dari pemasukan kalimat sumbang, salah memahami konsep, hingga alur yang tidak mengalir.
Susahnya menulis memang dirasakan betul oleh anak - anak magang. Observasi selama 2 jam di pasar tanjung serasa tak cukup untuk menghasilkan sebuah tulisan yang baik. Hal ini karena anak magang tidak melakukan studi pustaka sebelumnya sehingga tidak memiliki gambaran umum mengenai fenomena fenomena yang terjadi di pasar tanjung. Mereka pun menyadari bahwa "menulis" bukanlah sekedar menulis.

Oleh : Savira Nurwahyuni


Bagikan

Jangan lewatkan

Menulis tidak sekedar menulis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.