Kamis, 03 Desember 2015

Mendapatkan Kepuasan Tersendiri? Noprob!



Adakah yang pernah mendengar nama Ilham Faurizal Rahman? Mungkin bagi kita nama ini cukup asing dan bahkan ada yang belum pernah mendengar. Ilham Diazz Randial? Untuk nama yang satu ini tentu sudah cukup dikenal bagi anak – anak magang di LPME Ecpose.
            Ilham Faurizal Rahman yang lebih beken dengan nama Ilham Diazz Randial merupakan salah satu anak magang di LPME Ecpose. Diantara semua anak magang, cowok asal Kecamatan Besuki, Situbondo inilah yang sering menjadi penunggu sekret. Banyak kegiatan yang ia lakukan di sekret mulai dari ngobrol ngalur – ngidul bareng kakak – kakak anggota Ecpose, bersantai, merokok bahkan bermalam di sekret LPME Ecpose.

            Ilham memiliki pengetahuan yang cukup bagus di bidang Jurnalistik, namun salah satu kebiasaan buruknya cukup mengganggu. Kebiasaan buruk apa? MEROKOK! Ketika ada kelas di sekret LPME Ecpose, Ilham tidak akan pernah lupa dengan rokoknya. Seperti yang sudah kita ketahui, sekret LPME Ecpose sudah dipenuhi dengan buku – buku, buldock dan banyak majalah di ruangan yang tidak terlalu besar. Ketika ada kelas, tentunya banyak orang yang ada di dalam ruangan. Merokok di dalam sekret ketika kelas berlangsung bukanlah ide yang bagus. Udara menjadi pengap dengan asap rokok yang penuh dengan racun.
            Alasan yang diajukan Ilham ketika ditanya mengenai sebab dia merokok hanya karena ingin tahu awalnya, namun lama – lama jadi ketagihan. Bagi cowok kelahiran 27 Januari 1997 ini ada kepuasan tersendiri jika sedang merokok. Tetapi, sebenarnya dia menyadari mengenai kerugian yang ditimbulkan akibat merokok tersebut. Misalnya, menambah pengeluaran bulanan sebesar Rp 200.000 untuk merokok dan dana itu didapatkan dari orangtua bukan hasil kerja kerasnya sendiri. Dia juga sadar jika merokok dapat membawa penyakit bagi perokok aktif maupun perokok pasif.
            Jika sudah tahu banyak kerugiannya, mengapa masih merokok ham? Kembali lagi ke jawaban awal, karena ada kepuasan tersendiri. Memang tidak ada larangan untuk merokok, untuk medapat kepuasan tersendiri? Tidak masalah. Namun, sebaiknya lebih bijak saja memilih tempat ketika akan merokok. Jangan karena sedang berada didalam sekret lalu merokok di dalam juga, sebaiknya memilih tempat terbuka agar asapnya tidak mengganggu yang lain. Hal ini karena berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, racun yang diserap perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif. Jika sedang ada kelas merasa ingin merokok, sebaiknya diganti dengan permen yang jauh lebih ramah lingkungan dan tidak membahayakan orang lain. Tapi jangan lupa, tetap buang bungkus permen ke tempat sampah.

Oleh : Savira Nurwahyuni

Bagikan

Jangan lewatkan

Mendapatkan Kepuasan Tersendiri? Noprob!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.