Minggu, 20 Desember 2015

Positif Negatif Pedagang Di Bahu Jalan

kelompok 2
oleh elma ariella
permasalahan : ketertiban PKL di pasar tanjung

Pasar Tanjung  merupakan pasar terbesar atau bisa disebut pasar induk di kabupaten  Jember. Pasar yang beroperasi dari pagi sampai malam ini seakan tak pernah sepi dengan lalu lalang manusia, baik para konsumen yang ingin membeli kebutuhan rumah tangga maupun pengguna jalan yang hanya numpang lewat saja. Hal tersebut biasa terjadi utamanya di bagian timur pasar atau yang kerap disebut blok timur pasar.
Blok timur pasar bisa disebut sebagai salah satu bagian teramai di Pasar Tanjung.  Tempat berjualan para pedagang yang ada di bahu jalan bisa menjadi salah satu faktor tempat tersebut terlihat ramai. Bahkan hal tersebut juga dirasakan oleh pengguna jalan yang juga konsumen pasar seperti salah seorang bapak yang berdomisili di sekitar Pasar Tanjung mengatakan bahwa sebenarnya pedagang yang ada di bahu jalan merugikan karena menyebabkan macet, tapi mereka sepenuhnya tidak bersalah, beberapa kendaraan sendiri juga menyebabkan kemacetan, seperti kendaraan yang sering bongkar muat barang yang akan didistribusikan ke pedagang di pasar tersebut juga ikut andil dalam kemacetan yang terjadi pada jam tertentu. Berbeda dengan pendapat tersebut, seorang pengguna jalan yang lain mengatakan bahwa kemacetan tersebut disebabkan oleh pedagang dan dinas terkait yang seharusnya bisa menertibkan secara rutin keberadaan pedagang bukan menunggu adanya laporan dari orang lain baru menindaklanjuti.
Selain pengguna jalan yang merasakan dampak dari tata letak pedagang di blok timur tersebut para konsumen juga terkena dampaknya. Seperti salah seorang pembeli mengatakan jika sebenarnya kenyamanan juga sedikit terganggu tetapi berbelanja diluar lebih mudah dijangkau. Jadi menurutnya hal tersebut ada sisi positif dan negatifnya. Tidak semua pedagang mengganggu lingkungan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Positif Negatif Pedagang Di Bahu Jalan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.