Minggu, 20 Desember 2015

(tanpa judul) fasilitas kebersihan pasar tanjung

tanpa judul
kelompok 1_ilham faurizal rahman
permasalahan : fasilitas kebersihan pasar tanjung

Sampah yang berserakan di area pasar Tanjung sudah merupakan hal biasa bagi pedagang, pembeli ataupun warga sekitar. Sampah yang dihasilkan dari hasil penjualan seperti halnya sayur-mayur ataupun sampah kering anorganik ini sedikit mengganggu pandangan mata, karena banyak dari sampah-sampah tersebut yang tidak dimasukkan kedalam keranjang sampah melainkan hanya ditumpuk begitu saja di pinggir-pinggir jalan pasar.
Siti Maryam salah satu PKL yang ada di pasar tanjung mengatakan "fasilitas sampah (tempat sampah .red) yang ada gak cukup untuk menampung sampah, jadinya ditumpuk-tumpuk. Disini juga tinggal nunggu petugas kebersihan dateng dan bersihin sampahnya."
Ahya' salah satu PKL menambahkan "tumpukan sampah itu kadang gak keangkut sama truk sampah gara-gara kocar-kacir. Jadi pedagang yang kadang harus bersihin sendiri. Juga disini gak ada tempat untuk sampah anorganik atau organik. Padahal sampah-sampah kalo dikumpulkan itu bisa dimanfaatin lagi entwh yang bekas sayuran dibuat pakan kelinci atau apa gitu."
Keadaan pasar yang bersih sejatinya akan memicu respon pembeli yang lebih, seperti halnya yang ditambahkan oleh Ahya'. "Kalo kebersihan pasar Tanjung ini lebih dijaga pasti pelanggan tambah banyak soalnya orang-orang kaya biasanya gak mau buat beli disini soalnya alasannya kotor."
PKL di pasar Tanjung ini sebenarnya sedikit merasa tidak nyaman untuk berdagang sehari-hari, dikarenakan masalah sampah. Ahya' juga menuturkan "sebenernya kurang enak jualan disini, tapi mau gimana lagi. Soalnya gak ada lokasi lagi, jadi ya sudah diterima apa adanya."

Bagikan

Jangan lewatkan

(tanpa judul) fasilitas kebersihan pasar tanjung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.