Minggu, 20 Desember 2015

Pasar Tumpah Menunda Perjalan Pengguna Jalan


oleh : savira nurwahyuni
klmpok 1
permasalahan : kebersihan dan ketertiban di pasar tanjung

Pedagang kaki lima sebabkan kemacetan di sepanjang Jl. Dr. Wahidin, pengguna jalan merasa terganggu.
Minggu (20/12) Adanya pasar tumpah di sepanjang Jl.Dr Wahidin mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Pasar tumpah ini disebabkan oleh banyaknya pedagang kaki lima yang tidak mendapatkan kios di dalam pasa tanjung.Pengguna jalan merasa tidak nyaman dan terganggu dengan adanya pasar tumpah tersebut.
"Pasar tumpah ini sangat mengganggu pengguna jalan, khususnya pada saat sore hari sampai pagi. Kalau saya bawa mobil itu sangat kesulitan, meskipun bawa motor juga lumayan susah melewati kemacetan karena pasar tumpah." Ujar Sutrisno, salah satu pengendara motor.
Kemacetan di area pasar tanjung membuat perjalanan menjadi lebih lama. Bagi pekerja, pelajar maupun mahasiswa dapat menyebabkan keterlambatan. Aktivitas masyarakat secara umum terganggu karena adanya pasar tumpah tersebut.

Tidak hanya Sutrisno yang merasakan kurang nyaman berkendara di sepanjang jalan Dr. Wahidin. Hal serupa juga diungkapkan oleh Buamin, seorang tukang becak yang biasa mencari nafkah di daerah sekitar Pasar Tanjung.
"Sudah lama saya mangkal disini, memang keadaannya selalu macet. Apalagi pada saat jam 2 pagi, banyak pedagang kaki lima yang baru datang dan menggelar dagangannya. Tentunya ini sangat mengganggu pengguna jalan. Apalagi ditambah pengguna jalan yang menyalahi aturan, ini kan jalan satu arah ke Jl. Untung suropati, tapi banyak pengguna jalan dari Jl. Untung suropati yang akan menuju Jl. Nasional III melewati jalan ini. Jadinya jalanan sangat macet sekitar jam 2 pagi, tapi yang paling mengganggu ya dari pedagang kaki lima itu." Ujarnya.
Para pengguna jalan mengharapkan adanya tindakan dari Dinas terkait untuk mengatur pedagang kaki lima agar tidak semrawutan seperti saat ini. Sutrisno berpendapat bahwa pedagang kaki lima seharusnya ditertibkan, seperti dibuatkan kios. Hal ini karena mereka juga membayar retribusi kepada Dinas Pengelolaan Pasar. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Pasar Tumpah Menunda Perjalan Pengguna Jalan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.